1. Cetak paket Lapbook yang diinginkan

Cetak lapbook di kertas HVS ukuran A4. Gunakan pilihan “Actual Size” pada printer (tampilan setting setiap printer mungkin berbeda2). Printer favorit kami adalah EPSON L1110 karena tintanya ekonomis

2. Gunakan Kertas Karton Tebal untuk Amplop Lapbook

Gunakan 2 lembar karton manila ukuran folio (biasanya banyak di toko buku atau tukang foto kopi, harganya antara 1000-4000 rupiah tergantung ketebalan kertas). 

Potong 1 karton manila menjadi 2 bagian memanjang, lalu satukan menggunakan selotip. Untuk bagian dalam lapbook, kami sarankan untuk menggunakan selotip bolak balik agar lebih mudah & tidak berantakan prosesnya. Anak-anak biasanya senang jika mendapat tugas membuka kertas pada selotip bolak-balik.

3. Berikan Lembar Kerja Secara Bertahap

Untuk anak usia dini, pembuatan lapbook dilakukan dengan cara mencetak materinya di kertas A4 lalu potong dan berikan potongan lembar kerja tersebut pada anak. Karena rentang konsentrasi anak usia 3-6 tahun hanya sekitar 10-15 menit, maka berikan materinya secara bertahap.

Simpan sisa materi dalam satu map/amplop besar dan baru satukan dalam bentuk Lapbook setelah anak selesai mengerjakan materi tersebut. 

Berkreasi dalam membuat lapbook

Berikut ini adalah contoh dan saran pengaturan dari kami.

Anda bebas berkreasi padu padan bentuk akhir Lapbook. Jadikan lapbook sebagai alat ekspresi kreativias anak dan anak-anak dalam proses belajar.

Lapbook Alfabet
Lapbook Matematika
Lapbook Hijaiyah